Kamis, 11 Januari 2018

Anda ada karena Allah

Pertama-tama anda harus mencintai diri anda. Anda mulai menghargainya, dan tak boleh menolaknya. Anda harus menjaga dan merawat kehidupan anda. Anda harus menerima bahwa anda adalah buatan tangan Allah yang sempurna. Ketika orang lain sedang membenci kehidupan dan dirinya sendiri, anda tak boleh mengikuti hal itu. Anda harus melangkah sampai akhir.
Anda harus berjuang bersama diri anda, dan memperlihatkan bahwa kemahakuasaan TUHAN yang membuat anda berhasil dalam melangkah. Anda harus berkobar, anda tak boleh menutup semangat.
Senyuman anda, tatapan mata anda, suara anda, cara anda berdiri,cara anda berjalan, semua hal yang anda lakukan itu berbeda dan unik. Tiada satupun kesamaan antara anda dan orang lain. Belajarlah menemukan tujuan hidup anda. Belajarlah mengenali potensi anda. Belajarlah mengembangkan dan membanggakan. Kehidupan anda bukan berbalik dan merenungkan masa lalu dengan sakit hati yang berkepanjangan. Kehidupan anda adalah melakukan perubahan dan pembaharuan. Dalam kadar hidup, akan ada persoalan dan masalah, namun anda harus tegar dan berdiri dalam prinsip. Anda harus melatih dan bertahan. Jangan diam. Jangan helahkan nafas dalam keraguan yang berlarut-larut. Anda yang menentukan hidup anda dari pertarungan yang anda lakukan saat ini. Jangan merasa besar, sadarilah bahwa ada TUHAN yang tidak pernah melepaskan tangan dari anda. Memintalah dipagi. Memintalah disiang. Memintalah disore. Memintalah dimalam. Anda itu terlalu cantik. Anda itu terlalu tampan. Orang-orang yang membuat perbedaan dan membanding-bandingkan akan ditertawakan. Mereka tidak mengerti bahwa Allah melihat kesembarangan mereka dalam mengolok-olok dan menjatuhkan manusia.

Ambon, 11 Januari 2018; dalam tulisan kepada mereka yang terabaikan.

Hari Selanjutnya

 Pada hela nafasmu, namamu berdesis pelan, Ucy, di ruang sanubari terpatri teguh dan kelan. Senyummu mentari pagi, hangatkan jiwa yang beku,...