Selasa, 30 Desember 2014

Cerita dibalik Hp Nokia 1280 milik Bang Feliks Savero

Ilusi dan ilustrasi kali Ini mengenai handphone. Ilusi nyata yang bukan perumpamaan. Yang akan dibuat dalam tulisan untuk ditertawai. Yang bukan sulapan. Yang bukan sulaman. Bukan magic atau rekayasa. Ini tulisan nyata mengenai sebuah benda yang telah menjadi kebutuhan manusia modern abad ini. Tahukah anda apa yang disebut dengan handphone? Anda tahu, kan! Masakan belum tahu? Beneran belum tahu? Kenapa belum tahu? Ayo cari tahu. Handphone Atau bahasa indonesianya adalah telepon genggam. Handphone yang dibawa kemana-mana, tanpa ada penghalang dan rintangan (kabel, maksud anda?). Handphone yang gunanya untuk menelepon. Atau memanggil. Bukan berteriak. Bukan untuk dilempar ke dinding seperti bola (semoga ada yang merasa pernah melakukan dosa tersebut)
      Handphone dalam bahasa yang sudah mendunia maya, yaitu Gadget. Yang sudah digunakan oleh hampir seluruh penduduk dipermukaan bumi ini. yang di bawah permukaan bumi masih berenang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, nantinya lebih sakit lagi. Awalnya handphone adalah alat komunikasi tanpa tatapan. tanpa saling pandang, tapi mendengar suara. Kini handphone mendekatkan kenyataan untuk dapat melihat dan berbicara, namun tak berpapasan juga.(sio kasiang) Sejarah mengetik, bahwa : 15 dari 3 manusia di bumi telah memiliki handphone. 15 dari 4 manusia telah menggunakan handuk, dan 15 dari 14 manusia juga menggunakan handbody. Ini sejarah baru. Sejarah yang berasal dari kenyataan yang tidak pahit. Saya sangat bangga terhadap  apa yang dilakukan oleh Alexander Graham Bell( terima kasih Oyang). Karena dia, dan kepintaran TUHAN, maka sebuah telepon diciptakan. Kemudian berkembang dan mengganti nama dari akte kelahiran menjadi handphone. Dan nantinya tak tahu lagi akan diberi nama seperti apa.
      Handphone punya banyak cerita. Cerita yang begitu luas. Yang berhasil membuat dunia terasa begitu dekat. Begitu dekat dengan lebarnya daun kelor. Dicampur terasi dan ikan asin. Nasi panas dan es jeruk… ummmmmmmmmmmmmm Nikmat Coy. Dari anak yang besar hingga orang tua yang kecil semua memiliki handphone. dengan berbagai merek, handphone dijual untuk semua konsumen. Mulai dari konsumen tingkat satu, hingga produsen dan pengurai. Maka jadilah satu rantai makanan yang memiliki peranan bagi ilmu pengetahuan dan teknologi. Awalnya handphone hanya berisikan 1 tugas penting, yaitu menelepon. Berkembang lagi dan bisa mengirimkan pesan melalui teks. pesan gambar. pesan video. Pesan natal dan tahun baru. Mengirim email. mengirim surat. Kadang perabotan rumah tangga. Kadang daging cincang dan mie rebus (Wuih canggih).
      Apa saja yang ada didalam handphone, bukanlah cerita baru. Bukan cerita lama. bukan cerita yang ingin diceritakan. Tapi ingin diberitakan. Berita kepada kawan. Kawan lama yang menghilang. Menghilang karena handphone berdering dan memberi isyarat. Isyarat yang membisu namun tak membuat bisul. Yang kala itu kita masih remaja. Yang polos hatinya,,, bercerita.
cerita ini mengenai handphone ku yang sudah mulai tenggelam dari peradaban. Yang ditertawai, jika diperhatikan. Yang sudah tak menunjukan rupa sepotong handphone. Yang sudah tak menunjukan rupa sebuah handphone. Yang sudah tak menunjukan rupa seekor handphone. Yang sudah tak menunjukan rupa Sekantung/sebakul/sehelai handphone.
      Untuk menulis lebih panjang, maka saya harus mempersingkat tulisan handphone menjadi hp.(sah????)..... Jika mengerti anggukan kepala. Angkat tangan dan berikan seratus ribu. Hp-ku adalah hp pertama. Hp yang lahirnya pada zaman adam dan hawa.(tapi bukan di taman eden). Yang konon katanya menyimpan misteri dalam kardus.
Yang menyebabkan nilai dari suatu penelitian merosot atau bahkan tidak ada harganya sama sekali. Hp yang selalu bersama dalam suka maupun cinta. Dalam rasa maupun asa.dalam saku celana dan saku kemeja. Kadang di dalam tas. kadang di atas meja. Kadang ke dapur dan mencuci piring kotor. Itulah hp yang seenaknya bisa berpindah sesuai jadwalnya. Walaupun hp-ku tak memiliki nilai jual di pasar modern. Aku tak akan menjualnya di pasar tradisional pula. Walaupun tak punya kamera. Tak punya perangkat pengiriman. Tak punya warna layar, Tak punya infra-red/green/blue/water color, I’m proudly. Because it’s my handphone. My handphone since 1992(sejak aku lahir hp ini sudah ada disamping tempat tidurku). jika ingin membanggkan, mari membanggakan. Tapi jangan menyombongkan. Itu bukan hal yang manusiawi. Itu bukan hal yang binatangi. Itu juga bukan hal yang tumbuhani. Ini cerita tentang sebuah hp… cerita yang ingin saya bagi kepada yang mau membaca tanpa mencela…

Ada beberapa hal yang bisa dibanggkan dari hp ini :
1. Hp ini adalah hp asli buatan tangan manusia.
2. Hp ini kuat dan ramah kepada sesama.
3. Hp ini tak pernah memiliki pulsa yang kurang dari Rp.50
4. Sebelum aku menelepon seseorang, hp ini sudah bekerja dengan sendirinya.(hebat)
5. Sebelum aku meng-sms seseorang, hp ini sudah mengirim sms-ku dengan sendirinya(wuihhh ajep, bang)
6. Aku tidak pernah melakukan misscall untuk mencari keberadaan hp-ku yang hilang tanpa jejak.lantas hp-ku yang bersuara besar dan berkata, “bang feliks”,,, aye disini. Jangan dicari lagi. (luar biasa)
7. Hp ini punya banyak nomor wanita cantik yang sudah tua(mau????)
8. Hp ini jarang dipegang pacar
9. Hp ini yang selalu memberi informasi kuliah kepada seluruh masyarakat Bio’fun 2010, selama kurang lebih 4 tahun terakhir ini.
10. Hp ini yang selalu mengeluarkan kata-kata iman, dan rayuan kepada halayak yang menerimannya.
11.Hp ini dibeli dari hasil keringat dan cucuran air hangat.
12.Hp ini adalah hp pengganti sony ericsson w200i yang masih hidup

walaupun hp-ku kecil, hitam, dan dekil. Urak-urakan. Ugal-ugalan. Suka pulang malam. Boros. Mabuk-mabukan. Boncengan dengan cabe-cabean. Boncengan dengan Tomat-tomatan. Boncengan dengan Kangkung-kangungan .Tapi ini hp-ku. hp yang telah membesarkan aku. Dia hanya punya satu fitur yang bisa dibanggakan, yaitu radio. Dia hanya punya satu fitur yang bisa di puji, yaitu senter ajaib. Dia hanya punya beberapa game yang bisa disanjung. Snake Xenzia, Bounce, dan Radip Roll. Yang lebih mahal banyak dari nokia tipe 1280 ini. Yang lebih canggih banyak pula. Yang seperti ini langkah. Karena demikian langkahnya, maka hp ini akan segera dijual di toko bagus. Ada yang berminat?  hubungi 085243850818 (Yang cewek-cewek ayo tlp/sms) ini promo akhir tahun. Diskon 100%. Pajak ditanggung penjual.


Selamat Natal dan Tahun Baru, untuk pembaca blog…
yang terbaik dari anda  dilanjutkan di tahun depan.
yang buruk dari anda dikubur dalam-dalam, lalu ceburkan ke laut…

hormat saya : Feliks savero Pattinama
Lab Zoologi Fmipa Unpatti 15:57 WIT


Hari Selanjutnya

 Pada hela nafasmu, namamu berdesis pelan, Ucy, di ruang sanubari terpatri teguh dan kelan. Senyummu mentari pagi, hangatkan jiwa yang beku,...